NOSTANDAR OPERASIONAL PROSEDURLOKASI WUDHULOKASI SHALATKETERANGAN
     
SHALAT DHUHA
1SOP WUDHU
a.Siswa datang ke sekolah dalam keadaan sudah berwudhu   
b.Jika poin (a) tidak dilaksanakan, maka siswa berwudhu dengan ketentuan: MujahidMenuju ke tempat wudhu masjid dengan tenang dan memakai alas kakiMengambil wudhu dengan tertib dan antriMelaksanakan seluruh rukun wudhuMujahidahMenuju ke tempat toilet MujahidahMengambil air wudhu dengan tertib dan antriMelaksanakan seluruh rukun wudhuMujahid : tempat wudhu masjid Mujahidah : toilet SMP Mujahidah   Pukul 06.40-06.55Guru pendamping wudhu mendampingi siswa
     
2SOP SHALAT DHUHA
a.Seluruh siswa melaksanakan shalat Dhuha, Asmaul Husna, dan Al-Ma’tsurat tepat pukul 06.55 s.d 07.30 LAPANGAN BESARGuru Stand by di lapangan
b.Seluruh siswa masuk ke lapangan besar dengan tertib, merapikan sandal, membawa Al-Ma’tsurat, dan mengambil posisi shaf paling depan sampai terisi penuh kemudian ke shaf berikutnya kemudian duduk dengan rapih dan tertib   Mujahidah dari sebelah utaraMujahid dari sebelah selatan
c.Satu orang siswa (sesuai jadwal) memimpin bacaan Asmaul Husna   
d.Guru memberikan aba-aba untuk pelaksanaan shalat   
e.Seluruh siswa melaksanakan shalat Dhuha dengan tertib 2 raka’at   
f.Mujahidah yang berhalangan (tidak shalat) berada dibelakang shaf mujahidah dengan tertib dan tenang   
g.Setelah shalat Dhuha guru memimpin do’a setelah shalat Dhuha   
h.Satu orang siswa (sesuai jadwal) memimpin bacaan al-Ma’tsurat   
i.Siswa kembali ke kelas masing-masing dalam keadaan rapi dan tenang dimulai dari shaf mujahidah kemudian shaf mujahid   
j.Siswa merapikan kembali alas shalat dan menyimpannya di tempat yang telah disediakan   
     
SHALAT DZUHUR
1SOP WUDHU   
a.Siswa menuju ke tempat wudhu dengan tenang dan tidak bercanda serta menggunakan sandalTempat Wudhu Mujahid dan Mujahidah Guru pendamping wudhu mendampingi siswa
b.Sebelum mengalirkan air wudhu, mujahid melipat celananya sampai lutut. Mujahidah melipat lengan bajunya sampai siku, melonggarkan jilbabnya, dan mengangkat roknya   
c.Siswa berwudhu dengan tertib dan benar sesuai tata cara berwudhu   
d.Siswa menggunakan air secukupnya   
e.Siswa baris dengan antri/bergantian mengambil air wudhu   
f.Setelah berwudhu siswa membaca do’a   
     
2SOP SHALAT DZUHUR   
a.Siswa masuk masjid dengan merapikan sandal terlebih dahulu, kaki kanan dahulu dan membaca do’a masuk masjid MasjidGuru pendamping shalat stand by di dalam masjid
b.Siswa mengambil shaf paling depan dengan ketentuan mengisi shaf bagian tengah kemudian sebelah kanan dan kiri orang pertama   
c.Siswa berdiri dengan rapih dan tertib menunggu iqamat   
d.Siswa melaksanakan shalat Dzuhur dengan tertib dan khusyuk   
e.Setelah melaksanakan shalat siswa berdzikir dipimpin oleh seorang guru   
f.Siswa melaksanakan shalat Sunnah rawatib   
g.Siswa keluar masjid dengan tertib dan bersalaman kepada para guru yang ada di masjid   
h.Mujahidah yang berhalangan (tidak shalat) menunggu di kelas masing-masing   
     
SHALAT ASHAR
1SOP WUDHU
a.Siswa menuju ke tempat wudhu dengan tenang dan tidak bercanda serta menggunakan sandalTempat Wudhu Mujahid dan Mujahidah Guru pendamping wudhu mendampingi siswa
b.Sebelum mengalirkan air wudhu, mujahid melipat celananya sampai lutut. Mujahidah melipat lengan bajunya sampai siku, melonggarkan jilbabnya, dan mengangkat roknya   
c.Siswa berwudhu dengan tertib dan benar sesuai tata cara berwudhu   
d.Siswa menggunakan air secukupnya   
e.Siswa baris dengan antri/bergantian mengambil air wudhu   
f.Setelah berwudhu siswa membaca do’a   
     
2SOP SHALAT ASHAR
a.Siswa masuk masjid dengan merapikan sandal terlebih dahulu, kaki kanan dahulu dan membaca do’a masuk masjid MasjidGuru pendamping shalat stand by di dalam masjid
b.Siswa mengambil shaf paling depan dengan ketentuan mengisi shaf bagian tengah kemudian sebelah kanan dan kiri orang pertama   
c.Siswa berdiri rapih dan tertib menunggu iqamat   
d.Siswa melaksanakan shalat Ashar dengan tertib dan khusyuk   
e.Setelah melaksanakan shalat siswa berdzikir dipimpin oleh seorang guru   
f.Siswa keluar masjid dengan tertib dan bersalaman kepada para guru yang ada di masjid   
g.Mujahidah melaksanakan shalat Ashar di kelas masing-masing   
     
SHALAT JUM’AT
1SOP WUDHU
a.Siswa menuju ke tempat wudhu dengan tenang dan tidak bercanda serta menggunakan sandalTempat Wudhu Mujahid dan Mujahidah Guru pendamping wudhu mendampingi siswa
b.Sebelum mengalirkan air wudhu, mujahid melipat celananya sampai lutut.   
c.Siswa berwudhu dengan tertib dan benar sesuai tata cara berwudhu   
d.Siswa menggunakan air secukupnya   
e.Siswa baris dengan antri/bergantian mengambil air wudhu   
f.Setelah berwudhu siswa membaca do’a   
     
2SOP SHALAT JUM’AT
a.Siswa masuk masjid dengan merapikan sandal terlebih dahulu, kaki kanan dahulu dan membaca do’a masuk masjid MasjidGuru stand by di dalam masjid
b.Siswa mengambil shaf paling depan dengan ketentuan mengisi shaf bagian tengah kemudian sebelah kanan dan kiri orang pertama   
C.Siswa melaksanakan shalat Tahiyatul Masjid dengan khusyuk dan tenang   
d.Siswa duduk dan berdzikir di dalam hati   
e.Ketika khatib sudah naik mimbar siswa mendengarkan khusyuk dan tenang   
f.Siswa melaksanakan shalat Jum’at dengan tertib dan khusyuk   
g.Setelah melaksanakan shalat siswa berdzikir dipimpin oleh seorang guru   
h.Siswa melaksanakan shalat Sunnah rawatib   
i.Siswa keluar masjid dengan tertib dan bersalaman kepada para guru yang ada di masjid   
j.Selama shalat Jum’at berlangsung Mujahidah melaksanakan shalat Dzuhur di kelas masing-masing dilanjutkan dengan kajian keputrian yang disampaikan oleh para guru Mujahidah   
     
TUGAS PENDAMPING WUDHU
1.Memastikan siswa memakai alas kaki saat menuju ke tempat wudhu   
2.Memastikan siswa tertib dalam berwudhu   
3.Memastikan siswa antri/bergantian saat berwudhu   
4.Memastikan mujahid melipat celana sebelum berwudhu   
5.Memastikan mujahidah mengangkat rok, melipat lengan baju, dan melonggarkan jilbab sebelum berwudhu   
6.Memastikan siswa berwudhu dengan benar. Jika siswa melakukan kesalahan dalam berwudhu, maka guru pendamping wjaib menegur dan memberi contoh   
7.Memastikan seluruh anggota wudhu terkena air   
8.Memastikan siswa membaca do’a setelah berwudhu   
9.Memastikan siswa tertib menuju ke masjid setelah melaksanakan wudhu   
10.Pendamping wudhu tetap pada posisinya sampai seluruh siswa selesai berwudhu   
11.Jika terdapat siswa yang melakukan pelanggaran terkait SOP wudhu maka pendamping wajib menegur siswa yang bersangkutan   
     
TATA TERTIB TAMBAHAN
SHALAT DZUHUR
1Siswa yang mendapatkan giliran shalat sesi pertama langsung menuju ke tempat wudhu dan masjid   
2Siswa yang mendapatkan giliran shalat sesi kedua dan ketiga makan siang dan jajan di kantin   
3Setelah selesai makan dan jajan di kantin siswa yang mendapatkan giliran shalat sesi kedua dan ketiga langsung mengambil air wudhu   
     
SHALAT ASHAR
1Siswa yang mendapatkan giliran shalat sesi pertama langsung menuju ke tempat wudhu dan masjid   
2Ketika siswa sesi pertama sedang shalat, Siswa yang mendapatkan giliran shalat sesi kedua mengambil air wudhu dan menunggu giliran dengan tenang   

Tinggalkan komentar