“Diriwayatkan dari Amirul Mukminin Umar bin Khattab. ra. ia berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda :”Sesungguhnya amal itu tergantung pada niat, dan setiap orang hanya memperoleh apa yang ia niatkan. barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. dan barangsiapa yang hijrahnya itu karena dunia yang ditujunya atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa yang dihijrahkannya” (H.R Bukhari-Muslim)

Asbabul Wurud (Latar belakang lahirnya Hadits)

diriwayatkan oleh Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir-nya ia berkata : di antara kami ada seorang laki-laki yang melamar seorang wanita yang dipanggil dengan nama Ummu Qais, namun wanita itu menolaknya kecuali jika laki-laki itu ikut berhijrah ke Madinah. kemudian laki-laki itu ikut hijrah, lalu menikahi wanita tersebut. Maka kamipun memberinya julukan Muhajiru Ummi Qais (orang yang berhijrah karena Ummu Qais).

Urgensi Hadits

Hadits ini adalah hadits yang sangat penting dan menjadi prinsip dasar agama. Abu Daud berkata :”hadits ini adalah setengah dari agama Islam, karena agama Islam pada dasarnya bertumpu pada dua hal, yaitu zhahir atau amal, dan bathin atau niat. Imam Ahmad dan Imam Syafi’i berkata :”Sepertiga ilmu masuk ke dalam hadits ini karena perbuatan manusia meliputi tiga hal, yaitu hatinya, lisannya, dan anggota badannya. Sedangkan niat dalam hati merupakan salah satu dari ketiga hal tersebut.

Sedemikian pentingnya hadits ini sehingga banyak ulama yang mengawali berbagai buku dan karangannya dengan hadits tersebut. Imam Bukhari misalnya menempatkan hadits ini di awal kitab Shahih-nya. Bahkan Imam Nawawi meletakkan hadits tersebut pada urutan pertama dalam tiga bukunya, yaitu kitab Riyaadhush Shaalihiin, al-Adzkaar, dan Arba’iin Nawawi. Hal ini dimaksudkan agar orang-orang yang menuntut ilmu menyadari pentingnya niat, sehingga ia terdorong untuk meluruskan niatnya hanya karena Allah, baik ketika menuntut ilmu maupun ketika melakukan berbagai amal kebajikan lainnya. Wallahu ‘alam bish shawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s