Setiap orang terlahir ke dunia ini mempunyai kecerdasan masing-masing yang berbeda antara satu dengan yang lain dan tidak bisa digeneralisasi. Demikian juga dengan siswa-siswi kita, mereka adalah pribadi-pribadi unik yang membutuhkan perlakuan sesuai dengan kecerdasan mereka. yuk kita kenali mereka….

Menurut Dr. Howard Gardner, ada 8 kecerdasan yang dimiliki oleh setiap manusia yaitu :

1. Kecerdasan Linguistik

Komponen inti : kepekaan pada bunyi, struktur, makna, fungsi kata dan bahasa

  • Mampu membaca, mengerti apa yang dibaca.
  • Mampu mendengar dengan baik dan memberikan respons dalam suatu komunikasi verbal.
  • Mampu menirukan suara, mempelajari bahasa asing, mampu membaca karya orang lain.
  • Mampu menulis dan berbicara secara efektif.
  • Tertarik pada karya jurnalism, berdebat, pandai menyampaikan cerita atau melakukan perbaikan pada karya tulis.
  • Mampu belajar melalui pendengaran, bahan bacaan, tulisan dan melalui diskusi, ataupun debat.
  • Peka terhadap arti kata, urutan, ritme dan intonasi kata yang diucapkan.
  • Memiliki perbendaharaan kata yang luas, suka puisi, dan permainan kata.

Profesi: pustakawan, editor, penerjemah, jurnalis, tenaga bantuan hukum, pengacara, sekretaris, guru bahasa, orator, pembawa acara di radio / TV, dan sebagainya.

2. Kecerdasan Matematis-Logis

Komponen Inti : Kepekaan pada memahami pola-pola logis atau numeris dan kemampuan mengolah alur pemikiran yang panjang

  • Mengenal dan mengerti konsep jumlah, waktu dan prinsip sebab-akibat.
  • Mampu mengamati objek dan mengerti fungsi dari objek tersebut.
  • Pandai dalam pemecahan masalah yang menuntut pemikiran logis.
  • Menikmati pekerjaan yang berhubungan dengan kalkulus, pemograman komputer, metode riset.
  • Berpikir secara matematis dengan mengumpulkan bukti-bukti, membuat hipotesis, merumuskan dan membangun argumentasi kuat.
  • Tertarik dengan karir di bidang teknologi, mesin, teknik, akuntansi, dan hukum.
  • Menggunakan simbol-simbol abstrak untuk menjelaskan konsep dan objek yang konkret.

Profesi: auditor, akuntan, ilmuwan, ahli statistik, analisis / programer komputer, ahli ekonomi, teknisi, guru IPA / Fisika, dan sebagainya.

3. Kecerdasan Visual-Spasial

Komponen Inti : Kepekaan merasakan dan membayangkan dunia gambar dan ruang secara akurat

 

  • Senang mencoret-coret, menggambar, melukis dan membuat patung.
  • Senang belajar dengan grafik, peta, diagram, atau alat bantu visual lainnya.
  • Kaya akan khayalan, imaginasi dan kreatif.
  • Menyukai poster, gambar, film dan presentasi visual lainnya.
  • Pandai main puzzle, mazes dan tugas-lugas lain yang berkaitan dengan manipulasi.
  • Belajar dengan mengamati, melihat, mengenali wajah, objek, bentuk, dan warna.
  • Menggunakan bantuan gambar untuk membantu proses mengingat.

Profesi: insinyur, surveyor, arsitek, perencana kota, seniman grafis, desainer interior, fotografer, guru kesenian, pilot, pematung, dan sebagainya.

4. Kecerdasan Musikal

Komponen Inti : Keppekaan dan kemampuan menciptakan dan mengapresiasikan irama, pola titi nada dan warna nada serta mengapresiasi bentuk-bentuk ekspresi emosi musikal

  • Menyukai banyak jenis alat musik dan selalu tertarik untuk memainkan alat musik.
  • Mudah mengingat lirik lagu dan peka terhadap suara-suara.
  • Mengerti nuansa dan emosi yang terkandung dalam sebuah lagu.
  • Senang mengumpulkan lagu, baik CD, kaset, atau lirik lagu.
  • Mampu menciptakan komposisi musik.
  • Senang improvisasi dan bermain dengan suara.
  • Menyukai dan mampu bernyanyi.
  • Tertarik untuk terjun dan menekuni musik, baik sebagai penyanyi atau pemusik.
  • Mampu menganalisis / mengkritik suatu musik.

Profesi: DJ, musikus, pembuat instrumen, tukang stem piano, ahli terapi musik, penulis lagu, insinyur studio musik, dirigen orkestra, penyanyi, guru musik, penulis lirik lagu, dan sebagainya.

5. Kecerdasan Kinestetis

Komponen inti : Kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengelola objek, respon dan refleks

  • Memiliki kontrol pada gerakan keseimbangan, ketangkasan, dan keanggunan dalam bergerak.
  • Menyukai pengalaman belajar yang nyata seperti field trip, role play, permainan yang menggunakan fisik.
  • Senang menari, olahraga dan mengerti hidup sehat.
  • Suka menyentuh, memegang atau bermain dengan apa yang sedang dipelajari.
  • Suka belajar dengan terlibat secara langsung, ingatannya kuat terhadap apa yang dialami atau dilihat.

Profesi: ahli terapi fisik, ahli bedah, penari, aktor, model, ahli mekanik / montir, tukang bangunan, pengrajin, penjahit, penata tari, atlet profesional, dan sebagainya.

6. Kecerdasan Interpersonal

Komponen inti : Kepekaan mencerna dan merespon secara tepat suasana hati, temperamen, motivasi dan keinginan orang lain

  • Memiliki interaksi yang baik dengan orang lain, pandai menjalin hubungan sosial.
  • Mampu merasakan perasaan, pikiran, tingkah laku, dan harapan orang lain.
  • Memiliki kemampuan untuk memahami orang lain dan berkomunikasi dengan efektif, baik secara verbal maupun non-verbal.
  • Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kelompok yang berbeda, mampu menerima umpan balik yang disampaikan orang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain.
  • Mampu berempati dan mau mengerti orang lain.
  • Mau melihat sudut pandang orang lain.
  • Menciptakan dan mempertahankan sinergi.

Profesi: administrator, manager, kepala sekolah, pekerja bagian personalia / humas, penengah, ahli sosiologi, ahli antropologi, ahli psikologi, tenaga penjualan, direktur sosial, CEO, dan sebagainya.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Komponen inti : Memahami perasaan sendiri dana kemampuan membedakan emosi, pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri

  • Mengenal emosi diri sendiri dan orang lain, serta mampu menyalurkan pikiran dan perasaan.
  • Termotivasi dalam mengejar tujuan hidup.
  • Mampu bekerja mandiri, mengembangkan kemampuan belajar yang berkelanjutan dan mau meningkatkan diri.
  • Mengembangkan konsep diri dengan baik.
  • Tertarik sebagai konselor, pelatih, filsuf, psikolog atau di jalur spiritual.
  • Tertarik pada arti hidup, tujuan hidup dan relevansinya dengan keadaaan saat ini.
  • Mampu menyelami / mengerti kerumitan dan kondisi manusia.

Profesi: ahli psikologi, ulama, ahli terapi, konselor, ahli teknologi, perencana program, pengusaha, dan sebagainya.

8. Kecerdasan Naturalis

Komponen inti : Keahlian membedakan anggota-anggota spesies, megenali eksistensi spesies lain, dan memeratakan hubungan antara beberapa spesies baik secara formal maupun non-formal

  • Suka mengamati, mengenali, berinteraksi, dan peduli dengan objek alam, tanaman atau hewan.
  • Antusias akan lingkungan alam dan lingkungan manusia.
  • Mampu mengenali pola di antara spesies.
  • Senang berkarir di bidang biologi, ekologi, kimia, atau botani.
  • Senang memelihara tanaman, hewan.
  • Suka menggunakan teleskop, komputer, binocular, mikroskop untuk mempelajari suatu organisme.
  • Senang mempelajari siklus kehidupan flora dan fauna.
  • Senang melakukan aktivitas outdoor, seperti: mendaki gunung, scuba diving (menyelam).

Profesi: dokter hewan, ahli botani, ahli biologi, pendaki gunung, pengurus organisasi lingkungan hidup, kolektor fauna / flora, penjaga museum zoologi / botani dan kebun binatang, dan sebagainya.

Namun bagaimana cara kita mengetahui kecerdasan apa yang mendominasi siswa-siswi kita?.Berikut ini terdapat sejumlah pernyataan, mintalah siswa-siswi kita  untuk memberikan nilai pada masing-masing pernyataan, sesuai dengan gambaran diri mereka.

Penilaian:
0: jika pernyataan tersebut sangat tidak menggambarkan diri mereka.
1: jika pernyataan tersebut tidak menggambarkan diri mereka.
2: jika pernyataan tersebut sedikit menggambarkan diri mereka.
3: jika pernyataan tersebut kurang lebih / kira-kira menggambarkan diri mereka.
4: jika pernyataan tersebut menggambarkan diri mereka.
5: jika pernyataan tersebut sangat menggambarkan diri mereka.


 

  1. [     ] Saya sangat suka bekerja dengan objek.
  2. [     ] Saya dapat dengan mudah mengenali arah.
  3. [     ] Saya punya kemampuan untuk membantu menyelesaikan perselisihan di antara kawan saya.
  4. [     ] Saya dapat dengan mudah mengingat kata / lirik yang ada dalam sebuah lagu.
  5. [     ] Saya dapat menjelaskan topik yang rumit menjadi sesuatu yang sederhana dan mudah dimengerti.
  6. [     ] Saya selalu mengerjakan sesuatu selangkah demi selangkah.
  7. [     ] Saya mengenali diri saya dengan baik dan mengerti perilaku saya.
  8. [     ] Saya menyenangi kegiatan yang melibatkan banyak orang.
  9. [     ] Saya mudah belajar dengan cara mendengarkan ceramah dan diskusi.
  10. [     ] Saya merasakan perubahan mood saat mendengarkan musik.
  11. [     ] Saya menikmati puzzle, TTS, dan persoalan yang melibatkan logika.
  12. [     ] Saat belajar, grafik, gambar, diagram, flowchart penting bagi saya.
  13. [     ] Saya peka terhadap mood dan perasaan orang di sekitar saya.
  14. [     ] Saya belajar lebih maksimal bila saya dapat bergerak dan mengerjakannya sendiri.
  15. [     ] Saya memelihara atau menyukai hewan atau tanaman.
  16. [     ] Saya harus melihat manfaat yang bisa saya dapatkan sebelum saya memulai mempelajari sesuatu.
  17. [     ] Saya membutuhkan privasi dan ketenangan saat bekerja dan berpikir.
  18. [     ] Saat mendengarkan musik, saya tahu alat musik apa saja yang digunakan.
  19. [     ] Saya dapat dengan mudah mengingat dan melihat kembali kejadian yang pernah saya alami.
  20. [     ] Saya suka dan tertarik dengan topik yang berhubungan dengan lingkungan.
  21. [     ] Saya mempunyai perbendaharaan kata yang luas dan dapat mengungkapkan diri dengan baik dengan menggunakan kata-kata tersebut.
  22. [     ] Saya suka mencatat.
  23. [     ] Saya memiliki keseimbangan tubuh yang baik dan menikmati kegiatan fisik.
  24. [     ] Saya mengerti pola dan hubungan yang terdapat dalam sebuah pengalaman atau kejadian.
  25. [     ] Saya mampu bekerja sama dalam suatu kelompok.
  26. [     ] Saya mengerti cara kerja tubuh dan memperhatikan kesehatan saya.
  27. [     ] Saya tanggap dan jeli, sering kali melihat sesuatu yang terlewatkan oleh orang lain.
  28. [     ] Saya mudah gelisah (mis: karena harus duduk diam dalam waktu yang lama).
  29. [     ] Saya suka bekerja atau belajar sendiri (tidak perlu ditemani orang lain).
  30. [     ] Saya suka musik atau membuat lagu.
  31. [     ] Saya suka bekerja dengan angka dan memecahkan soal matematika.
  32. [     ] Saya bisa membaca arah perubahan cuaca berdasarkan kondisi alam.

Setelah mereka memberikan nilai pada semua pernyataan di atas, sekarang jumlahkan angka-angka tersebut sesuai susunan di bawah ini untuk melihat di mana kecerdasan mereka menonjol.

Kecerdasan Linguistik = no. 5 + 9 + 21 + 22
Kecerdasan Logika – Matematika = no. 6 + 11 + 24 + 31
Kecerdasan Visual – Spasial = no. 2 + 12 + 19 + 27
Kecerdasan Musikal = no. 4 + 10 + 18 + 30
Kecerdasan Interpersonal = no. 3 + 8 + 13 + 25
Kecerdasan Intrapersonal = no. 7 + 16 + 17 + 29
Kecerdasan Kinestetik – Jasmani = no. 1 + 14 + 23 + 28
Kecerdasan Naturalis = no. 15 + 20 + 26 + 32


selamat mencoba. mudah-mudahan bermanfa’at……

 

One response »

  1. Icolikha mengatakan:

    Izin share bu… Makasih tulisannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s