Ketika para sahabat sedang bersama Rasulullah saw dalam sebuah majelis ta’lim, tiba-tiba Rasulullah saw berkata :”sebentar lagi akan muncul di hadapan kalian seorang penghuni surga”. para sahabat bertanya-tanya dalam hati “siapakah penghuni surga yang dimaksud oleh Rasulullah saw?”.

Tak lama kemudian muncullah seorang laki-laki dari kaum Muhajirin bernama Sa’ad bin Abi Waqash, sehingga para sahabatpun membuat kesimpulan bahwa dialah penghuni surga yang dimaksud oleh Rasulullah saw.

Seorang sahabat bernama Abdullah bin Amr bertanya-tanya, ibadah apakah gerangan yang dijalankan Sa’ad bin Abi Waqqash sehingga Rasulullah saw mengatakan bahwa kelak ia akan menghuni surga. Abdullah ingin sekali mengetahuinya. Ia pun berencana akan menginap di rumah Sa’ad untuk mengintip perilaku beliau.

“Saya bertengkar dengan ayahku,” kata Abdullah berbohong kepada Sa’ad, “saya tidak akan pulang sampai tiga hari lamanya, saya akan menginap di rumahmu selama itu”. “boleh saja,” jawab Sa’ad.

Abdullah pun menginap di rumah Sa’ad. Ia mulai menyelidiki ibadah Sa’ad, tetapi tak ada yang istimewa dengan ibadah Sa’ad. Ia beribadah sebagaimana muslim lainnya beribadah. Abdullah pun semakin penasaran. Dalam hatinya ia bertanya-tanya mengapa Sa’ad mendapat kemuliaan sehingga kelak ia akan menjadi penghuni surga.

Pada hari ketiga Abdullah berterus terang kepada Sa’ad tentang tujuannya menginap di rumah Sa’ad. “Sebenarnya aku hanya ingin tahu ibadah apa yang kau lakukan sehingga kau mendapat kemuliaan tinggi seperti kata Rasulullah saw,” ujar Abdullah. “Katakanlah apa sebenarnya yang membuat Rasulullah saw berkata seperti itu?”.

“Sahabatku” ujar Sa’ad, “sebenarnya tak ada yang istimewa dari ibadahku, ibadahku seperti muslim lainnya beribadah, hanya saja aku tidak pernah mempunyai rasa dengki, iri, benci sedikit pun atas karunia yang diberikan Allah swt kepada sesama muslim”.

Demikianlah muslim yang tidak mempunyai rasa iri, dengki dan benci kepada orang lain akan mengantarkannya ke surga. mau????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s