Seringkali kita sebagai guru mendengar keluhan siswa yang mengatakan bahwa belajar itu membosankan, mengulang pelajaran itu menjemukan, mengerjakan latihan itu melelahkan dan keluhan-keluhan lain yang intinya mengatakan bahwa belajar itu tidak menyenangkan.

Berikut ini tulisan yang mencoba memberikan solusi cara belajar yang tidak membuat siswa atau bahkan kita sendiri menjadi sesuatu yang membebani. mudah-mudahan bermanfa’at.

1. Luruskan niat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menata niat kita. Niatkan proses belajar kita sebagai suatu ibadah kepada Allah swt yang apabila kita lakukan dengan sebaik-baiknya akan mendapatkan pahala dari-Nya.

2. Memilih teman yang baik

Untuk mencapai suatu tujuan yang baik, kita tentunya tidak bisa sendirian, kita akan membutuhkan support dari lingkungan yang termasuk di dalamnya adalah teman. Oleh karena itu bila kita ingin merasakan nikmatnya proses belajar, kita harus mempunyai teman-teman yang juga menyukai proses tersebut

3. Menciptakan kelompok diskusi

Agar kita lebih semangat dalam belajar dan membuat proses belajar menjadi menyenangkan kita juga perlu berinteraksi dengan teman-teman yang lain yang mempunyai kesamaan dengan kita dan membuat sebuah kelompok diskusi agar wawasan kita semakin luas dan kitapun semakin bergairah dalam belajar

4. Memilih pembimbing yang berjiwa mendidik

Faktor penting lainnya adalah faktor pembimbing. dengan memilih pembimbing yang berjiwa mendidik akan memudahkan kita dalam proses belajar sehingga belajar menjadi menyenangkan

5. Sesuaikan dengan kecenderungan cara belajar kita

Kenali cara belajar kita (Learning style analisys) dan sesuaikan cara belajar kita dengan gaya belajar ki ta,niscaya proses belajar kita akan menyenangkan

6. Belajarlah dengan santai

Buatlah proses belajar sebagai suatu yang santai dan tidak memaksa. Carilah tempat yang paling kita senangi untuk belajar.

7. Nikmatilah proses belajar

Sesuatu yang dinikmati, walaupun itu terlihat sulit, akan mengurangi beban, sebaliknya sesuatu yang tidak dinikmati, walaupun terlihat mudah akan terasa membebani kita.

8. Jadilah pembelajar mandiri

Jaga pola belajar dan jangan terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baik

9. Cintai proses belajar

Seorang pecinta tentu akan dengan senang hati bersama apa yang ia cintai. demikian juga bila kita telah mencintai proses belajar, maka kita akan dengan senang hati untuk senantiasa melakukannya.

 

One response »

  1. mrwahid mengatakan:

    IZin copas Pak Mul, untuk di web islamia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s