Sudah menjadi sunnatullah, setiap kejadian pastilah sebelumnya didahului oleh tanda-tanda yang menunjukan bahwa sebentar lagi hal itu akan terjadi. Begitu pula dengan hari kiamat, walaupun tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan ia akan terjadi termasuk Nabi Muhammad saw ataupun malaikat Jibril, namun Allah swt telah memberikan beberapa tanda-tanda bahwa kiamat semakin dekat yang terdapat dalam kitabullah   maupun hadits Rasulullah saw.

Berikut ini beberapa pertanda kiamat sudah dekat :

1. Diutusnya Nabi Muhammad saw

Pertanda awal kiamat sudah dekat adalah diutusnya Nabi Muhammad saw sebagaimana sabda beliau yang menyatakan bahwa jarak antara diutusnya beliau dengan datangnya hari kiamat bagaikan jari telunjuk dengan  jari tengah sebagaimana disabdakan oleh beliau dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim dan Tirmidzi

2. Rembulan terbelah

Dalam surat Al-Qomar :1 Allah swt berfirman yang artinya :”Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan”. Kejadian terbelahnya bulan ini terjadi pada masa Rasulullah swt sebagai salah satu mu’jizat yang diberikan Allah swt kepada beliau.

3. Dibangkitkan (lahir)nya para dajjal, pendusta.

Rasulullah saw besabda yang artinya :”Tidak akan terjadi kiamat hingga bangkit (lahir) beberapa dajjal, mereka (semuanya) pembohong, yang jumlahnya mendekati tiga puluh orang. dia mengaku bahwasanya dirinya utusan Allah swt”. (H.R. Tirmidzi)

4. Ilmu agama dicabut

Lenyapnya ilmu agama ini tidaklah dengan cara serta merta, melainkan dengan semakin berkurangnya ulama-ulama besar, sedangkan penggantinya tidaklah sealim pendahulunya.

5. Banyak terjadi gempa bumi

6. Jarak semakin dekat

Ditemukannya berbagai teknologi baru yang bisa membuat jarak yang begitu jauh bisa ditempuh dengan waktu yang singkat merupakan salah satu tanda semakin dekatnya kiamat.

7. Banyak terjadi fitnah

Fitnah saat ini telah banyak menimpa sebagian besar masyarakat kita. Fitnah begitu mudahnya dilontarkan hanya untuk mencapai kepentingan sesaat.

8. Banyak terjadi pembunuhan

9. Melimpah ruahnya harta yang dimiliki manusia

10. Banyak orang bermegahan bangunan

11. Orang yang melewati kuburan berkata :”Alangkah senangnya bila aku saja yang menggantikan tempatnya”.

Akibat banyaknya fitnah dan pembunuhan di muka bumi, membuat penghuni bumi tidak kerasan, tidak betah sehingga mereka beranggapan bahwa kematian lebih baik daripada kehidupan.

12. Perzinaan merajalela

13. Banyak orang minum minuman keras

14. Perbandingan jumlah antara laki-laki dan perempuan mencapai 1:50

15. Seorang hamba sahaya melahirkan tuannya

16. Masyarakat mencintai lima perkara dan melupakan lima perkara

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda:” akan datang suatu masa pada ummatku dimana mereka mencintai lima perkara dan melupakan lima perkara :

  • Mereka mencintai dunia, melupakan akhirat
  • Mereka mencintai kehidupan, melupakan kematian
  • Mereka mencintai gedung-gedung, melupakan kubur
  • Mereka mencintai harta benda melupakan perhitungan amal
  • Mereka mencintai makhluk, melupakan khalik

17. Sulit mendapatkan harta yang halal

Rasulullah saw bersabda yang artinya :”Sesuatu yang paling jarang dijumpai di akhir zaman adalah uang yang halal dan saudara yang dapat dipercaya”. (H.R. Ibnu Asakir)

18. Banyak orang mementingkan diri sendiri

19. Banyak orang memburu ilmu pengetahuan

20. Orang yang memegang agama bagaikan menggenggam bara

Rasulullah saw bersabda :”Akan datang suatu masa kepada manusia, orang yang mempertahankan agama bagaikan menggenggam bara”. (H.R. Tirmidzi)

21. Sunnah Rasulullah saw menjadi rusak

22. Masjid dibangun dengan megah namun kosong

Rasulullah saw bersabda :”Di antara tanda-tanda hari kiamat adalah apabila terdapat seorang laki-laki lewat depan masjid dan dia tidak mau mengerjakan shalat dua raka’at (tahiyyatul masjid)”. (H.R. Tabrani)

23. Matahari terbit dari barat

Rasulullah saw bersbda :”Sesungguhnya yang pertama-tama muncul (dari) tanda-tanda kiamat adalah matahari terbit dari barat dan keluarnya binatang aneh kepada manusia di waktu duha. mana saja di antara keduanya yang muncul lebih dahulu sebelum yang lainnya, maka tidak lama lagi akan muncul pertanda-pertanda lainnya”. (H.R. Muslim dan Abu Dawud)

24. Keluarnya Dabbah (binatang aneh)

Allah swt berfirman :” Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin terhadap ayat-ayat Kam”. (Q.S. An-Naml:82)

25. Lahirnya Imam Mahdi

Rasulullah saw bersabda:”Sesungguhnya Imam Mahdi akan keluar di akhir zaman, namanya Muhammad bin Abdullah atau Ahmad bin Abdullah”. (H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi)

26. Munculnya Al-Masih Ad-Dajjal

Sebagai puncak kekacauan menjelang datangnya hari kiamat adalah munculnya seorang manusia yang menamakan dirinya “Al-masih Ad-Dajjal” yang berarti pengembara yang suka berbohong

27. Kembalinya Nabi Isa as ke dunia

Sabda Rasulullah saw :”Demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, niscaya sudah amatlah dekat sekali datangnya kiamat saat Isa putra Maryam turun, menjadi hakim yang adil. Maka ia hancurkan kayu salib, ia bunuh babi, ia bebaskan pajak dan melimpahkan harta kekayaan, sehingga tidak seorangpun yang mau menerima harta sedekah, sampai-sampai sekali sujud itu lebih baik daripada dunia dan isinya”. (H.R. Bukhari-Muslim)

28. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Rasulullah saw pernah mengisyaratkan kesedihan beliau sehubungan dengan keluarnya Ya’juj dan Ma’juj :”Rasulullah saw terbangun dari tidurnya dengan memerah raut mukanya seraya bersabda :”Celakalah bangsa Arab karena kejadian buruk telah dekat. Hari telah dibuka puing benteng Ya’juj dan Ma’juj seperti ini Rasulullah melingkarkan kedua jarinya telunjuk an ibu jari”. (H.R. Ahmad)

Menurut keterangan bahwa Ya’juj dan Ma’juj adalah bangsa manusia berasal dari Turki keturunan Sanaf bin Yafits bin Nuh. Ada tiga golongan Ya’juj dan Ma’juj tersebut :

* Berbentuk lebah, berbadan tinggi dan besar kira-kira tingginya seratus dua puluh hasta

* Berbadan segi empat, bertelinga lebar, sehingga apabila ia tidur, telinga yang satu dijadikan seprei dan satunya sebagai selimut

* Berbadan kecil dan pendek kira-kira satu jengkal

29. Keluarnya Kabut (asap)

Allah swt berfirman dalam surat Ad-Dukhan ayat 10-12 yang artinya :”Maka tunggulah hari ketika langit membwa asap (kabut) yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih. (mereka berdo’a) “ya Tuhan kami lenyapkanlah dari kami azab itu, sesungguhnya kami akan beriman”. (Ad-Dukhan 10-12).

30. ka’bah (Baitullah) rusak

Adapun yang menghancurkan (merusak) ka’bah adalah bangsa Habsyi (Ethiopia)

31. Lenyapnya Al-Quran

Di antara pertanda kiamat semakin dekat adalah sirnanya Al-Quran yang ada di dunia, baik yang berupa mushaf utuh, klise, ukiran serta hiasan-hiasan dinding, maupun Al-Quran yang berada di hati para penghafalnya.

32. Keluarnya api dari Yaman

Merupakan puncak pertanda akan datangnya kiamat adalah keluarnya api dari Yaman.

Demikianlah di antara tanda-tanda kiamat. Mudah-mudahan kita bisa mengambil ‘ibrah daripadanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s