Richad Denny menulis dalam bukunya SUKSES MEMOTIVASI bahwa ada sembilan (9) hukum motivasi yaitu :
Hukum 1 : KITA HARUS TERMOTIVASI UNTUK MEMOTIVASI
Mustahil kita bisa memotivasi pribadi lain jika kita sendiri tidak termotivasi
Hukum 2 : MOTIVASI MEMERLUKAN SASARAN
Apabila kita hendak memotivasi sekelompok orang maka hendaknya ditentukan terlebih dahulu sasaran yang jelas dan terperinci.
Kita semua mengetahui bagaimana kelesuan dapat menyelinap ketika tidak ada harapan. Kita semua harus mempunyai harapan. Kita harus senantiasa menantikan sesuatu, sehingga target dan sasaran haruslah ditetapkan.
Hukum 3 : MOTIVASI, SEKALI TERCAPAI, TIDAK PERNAH BERLANGSUNG SELAMANYA
Motivasi dan pemikiran yang masih hangat tidaklah abadi. Ibarat meniup sebuah balon-jika anda tidak mengikat satu simpul di ujungnya, udara di dalamnya akan keluar lagi. Mtivasi perlu dan harus merupakan sebuah proses berkesinambungan. motivasi bukan sebuah pendorong yang diperlukan sekali setahun.
Hukum 4 : MOTIVASI MEMERLUKAN PENGAKUAN
Pujian yang tulus adalah suatu bentuk pengakuan, dan hanya pribadi dengan ‘pemikiran besar’ sajalah yang mampu memberikan pujian tulus kepada orang lain. Orang yang picik tidak akan mampu bahkan untuk mengakui prestasi orang lain.
Hukum 5 : PARTISIPASI MEMBANGKITKAN MOTIVASI
Sering kali orang lebih termotivasi oleh bagaimana mereka dilibatkan dalam suatu pekerjaan dibandingkan bagaimana mereka diperlakukan. Ketika orang merasa dirinya sebagai bagian dari suatu eksperimen atau bagian dari suatu proyek, mereka akan menunjukan motivasi yang jauh lebih tinggi.
Hukum 6 : MELIHAT DIRI SENDIRI MELANGKAH MAJU MEMOTIVASI KITA
Ketika kita melihat diri sendiri melangkah maju, bergerak maju, dan mencapai keberhasilan, kita akan selalu menjadi lebih termotivasi. Sebaliknya ketika kita melihat diri sendiri bergerak mundur, kita akan menjadi kurang termotivasi
Hukum 7 : TANTANGAN HANYA AKAN MEMOTIVASI BILA ADA KESEMPATAN MENANG
Lomba, persaingan, dan tantangan akan sangat efektif dan hampir pasti sungguh mengilhami orang untuk melakukan aktivitas yang lebih besar. Tetapi mereka yang mengambil bagian di dalamnya harus yakin bahwa mereka mempunyai peluang yang sama untuk menang
Hukum 8 : SETIAP ORANG MEMPUNYAI SUMBU PENYULUT MOTIVASI
Hukum ini menyatakan bahwa setiap orang dapat termotivasi. Mereka mempunyai sumbu tetapi kita tidak tahu sampai pada titik manakah sumbu itu baru akan tersulut.
Hukum 9 : KEBERSAMAAN DALAM KELOMPOK MEMOTIVASI
Hukum ini menekankan pentingnya rasa ikut memiliki bagi seseorang. Semakin kecil unit di mana ia terlibat, semakin besar loyalitas, motivasi, dan usahanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s